16 February 2012

3 Jenis Komputer Berdasarkan Processor


Tahukah anda kalau komputer bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan processor yang dipakai? Tapi tidak tahu apakah sekarang penggolongan komputer berdasarkan processor masih dipakai atau tidak. Berdasarkan processor yang dipakai komputer dibedakan menjadi 3 bagian yaitu: Mainframe, mini computer dan personal computer.

  • Mainframe

Komputer jenis mainframe menggunakan processor yang berkemampuan besar, karena dipakai oleh banyak pengguna. Mainframe memindahkan memori ke satu pengguna ke pengguna lain dan kembali lagi ke pengguna pertama dengan waktu yang sangat singkat, perpindahan ini tidak disadari oleh pengguna komputer. Mainframe merupakan jenis komputer yang multi tasking dan multi user, artinya komputer jenis ini bias digunakan oleh banyak pengguna dan masing-masing pengguna dapat menjalan program yang berbeda-beda dalam waktu yang bersamaan.
CPU yang disematkan dalam mainframe berada pada tempat tersendiri, mempunyai media penyimpanan, komunikasi di mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal dengan keyboard, mouse dan monitor saja.

  • Minicomputer

Komputer jenis ini adalah bentuk mini dari mainframe. Jika mainframe mempunyai ribuan terminal, minicomputer lebih terbatas hanya sampai pada puluhan atau mungkin ratusan. Dari sisi penggunaan, komputer jenis ini mungkin cocok untuk penggunaan komputer untuk perusahaan, pabrik, sekolah dll. Penggunaan minicomputer mungkin sudah jarang kita jumpai, karena komputer jenis ini sudah kalah dengan pemanfaatan jaringan lan.

  • Personal Computer

Komputer jenis inilah yang banyak kita jumpai karena komputer pribadi merupakan komputer yang kita gunakan. Personal Computer (PC) hanya ditujukan untuk satu pengguna dengan tunjuan menjalankan suatu program tertentu. Awalnya personal computer terdiri dari CPU, monitor, keyboard, mouse, dll tetapi perkembangan di zaman sekarang sudah lahir generasi-generasi baru untuk komputer pribadi. Pesonal Komputer dapat menandingi atau menggantikan fungsi dari mainframe dan mini computer dengan menambahkan alat tertentu.

No comments:

Post a Comment