10 November 2011

Apa Saja Komponen Komputer?


Komputer diciptakan sebagai alat yang mempermudah suatu kegiatan manusia karena komputer juga termasuk mesin. Komputer bisa berjalan sedemikian rupa sehingga fungsi dari komputer mempermudah dan memberikan berbagai manfaat kepada manusia. Lalu,apa saja komponen dari komputer?
Komponen dari komputer terdiri dari 3 bagian, (dimana masing-masing bagian harus berjalan lancar) yaitu hardware, software dan brainware. Mari kita bahas satu-persatu.
  1. 1.       Hardware

Hardware atau yang sering dikenal sebagai perangkat keras merupakan peralatan yang nampak secara fisik, dapat dilihat dan dirasakan. Hardware sendiri juga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Input/output device: mouse, keyboard, printer, dll.
  • Processing device: Processor (CPU)
  • Storage device: hardisk, cd, disket, flashdisk, dll

  1. 2.       Software

Software atau yang sering disebut sebagai perangkat lunak merupakan program-program komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dikendaki. Software komputer dibuat dengan bahasa tertentu sehingga bias dibaca dan berjalan di komputer. Program komputer dibagi menjadi beberapa jenis yaitu;
  • Sistem Operasi: Windows, unix, linux, mac os, dll.
  • Program Aplikasi: MS word, MS excel, adobe photoshop, dll.
  • Program utility: TuneUp utilities, Norton Utility, PC tools, dll.
  • Bahasa Pemrograman: php, c++, pascal, html,dll.

  1. 3.       Brainware

Brainware sering juga disebut user, pengguna, pemakai adalah orang (personil) yang terlibat langsung dengan penggunaan komputer. Contoh brainware: webmaster, programmer, admin, operator, dll.
3 komponen di atas harus ada dan berkaitan sehingga komputer akan berjalan dengan baik. Komponen komputer merupakan dasar pengetahuan yang harus dipahami bagi anda yang ingin berkecimpung di dunia komputerisasi.

No comments:

Post a Comment