15 August 2011

Sistem Pengkabelan LAN dengan Kabel UTP


LAN merupakan komponen jaringan terkecil yang didalamny menggunakan media penghubung baik dengan kabel atau nirkabel (tanpa kabel). Dalam pembahasan kali ini kita akan memahami sitem pengkabelan dalam LAN dengan menggunakan kabel UTP dan konektor RG 45.

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan media transmisi yang paling banyak digunakan di indonesia dalam membangun jaringan LAN. Kabel ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan kabel STP atau ScTP. Harganya sangat terjangkau dan bisa didapat dengan mudah di toko-toko periperal jaringan, selain itu dalam pemasangan nya dengan konektor (RG45) sangat mudah dan sudah didukung dengamn berbagai jenis perangkat jaringan.

Kabel UTP memiliki pair kabel berjumlah 8 yang semuanyan memiliki warna yang berbeda. Urutan warna-warna tersebut yang nantinya akan menentukan kabel tersebut akan digunakan untuk perangkat apa. Dalam sistem perkabelan ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu, kabel straigh dan cross. Tetapi sebelum melakukan praktek pemasangan konektor anda harus menyiapkan beberapa perangkat berikut;

- Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair )
- Konektor RJ-45
- Crimping tool: berfungsi untuk memotong kabel dan mengunci konektor RJ-45
- LAN tester : fungsinya adalah untuk memeriksa kabel yang kita buat tadi benar atau tidak.

Jika semua peralatan sudah disiapkan, mari kita buat dua jenis kabel yaitu kabel straight dan kabel cross.

- Kabel Straight
Digunakan untuk koneksi pc ke switch, hub ke switch, router ke switch atau hub.

Kedua ujung kabel yang dihubungkan ke konektor RG45 mempunyai urutan warna pair berikut:
  putih orange
  orange
  putih hijau
  biru
  putih biru
  hijau
  putih cokelat
  cokelat

- Kabel Cross
Digunakan untuk koneksi PC ke PC, hub ke hub, router ke pc

Salah satu ujung kabel dirutkan dengan warna seperti pada kabel straight. Yang mebedakan adalah ujung yang lain harus mempunyai urutan warna berikut;
  putih hijau
  hijau
  putih orange
  biru
  putih biru
  orange
  putih cokelat
  cokelat

Jika semua kabel telah diurutkan dan dipasang ke konektor RG45 menggunakan Crimping tool,kabel ini telah siap digunakan sesuai fungsinya.

No comments:

Post a Comment